Wisata Kebun Teh Pagilaran

Wisata Kebun Teh Pagilaran

Wisata Kebun Teh Pagilaran – Siapakah yang tidak senang dengan udara sejuk? Dengan ada kebun teh paling luat dan curug sebagai pendampingnya?

Belum juga bila dimanja dengan bermacam jenis sarana rekreasi Outbond yang paling komplet dan dekat sama alam.

Wisata Kebun Teh Pagilaran, Peninggalan Keelokan Semenjak Tahun 1880

Tentu anda benar-benar tergoda untuk datangkan nya bukan ? Tidak boleh Khawatir, untuk memperoleh nya anda tak perlu jauh pergi sampai ke luar pulau bahkan juga ke luar negeri. Karena, Kabupaten Tangkai bak surga dunia yang dapat merealisasikan mimpi arah rekreasi anda.

Baca Juga: Tempat Rekreasi Terbaik Untuk Anak

Dengan berkunjung Argo Rekreasi Pagilaran di Kecamatan Blado, Kabupaten Tangkai anda dapat melepaskan semua capek dalam pikiran anda.

Kabupaten Tangkai memiliki posisi pantai yang paling cantik, beberapa pantai yang ada mempunyai karakter keelokan yang lain. Lokasi yang pas untuk nikmati alam sekalian dengarkan deburan ombak.

Bila kamu tidak demikian menyenangi pantai, di Tangkai masihlah ada tempat rekreasi sejuk yang mempunyai keelokan yang mempesona, yaitu Kebun Teh Pagilaran yang berada di Dusun Pagilaran, Tangkai.

Kebun Teh Pagilaran ada di atas ketinggian seputar 1000 mdpl (mtr. di atas pemukaan laut), hingga mendatangkan temperatur udara yang paling sejuk yaitu seputar 25 derajat pada siang hari dan seputar 15 sampai 18 derajat pada malam hari.

Kamu bisa melihat bentangan hijau kebun teh yang paling luas dan mempersejuk mata. Situasi yang benar-benar menentramkan bebas dari pencemaran.

Teritori rekreasi yang ini mempunyai beberapa lokasi yang bisa kamu datangi, salah satunya Taman Kebun Teh Pagilaran dan pabrik pemrosesan teh yang dibuat dari kebun teh yang ada.

Teh yang dibuat oleh Kebun Teh Pagilaran ini terhitung kualitas premium, di mana sekitar 80 prosentasenya di export ke luar negeri. Bila ingin menyaksikan beberapa petani teh menuai teh, kamu harus tiba pada jam 05.00 sampai jam 06.00 pagi.

Sepintas Riwayat Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran mulai dibuat di tahun 1880 oleh orang bernegara Belanda yang namanya E. Blink. Selanjutnya dibeli oleh Pemerintahan Inggris di tahun 1922 yang tergabung dengan Pemanukan And Tjiasem Land’s PT (P dan T Land’s PT).

Lalu di tahun 1964 hak buat P dan T Land’s PT habis hingga diambil pindah oleh Pemerintahan Indonesia. Yang selanjutnya diberikan ke Fakultas Pertanian UGM dengan arah untuk kenaikan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perkebunan teh itu dibuat sebagai sebuah perusahaan yang namanya PN Pagilaran, baru pada tanggal 1 Januari 1974 beralih menjadi PT. Pagilaran.

Posisi Kebun Teh Pagilaran

Posisi Kebun Teh Pagilaran ada di Dusun Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Tangkai, Jawa tengah.

Jalur Ke arah Kebun Teh Pagilaran

Jalur ke arah Kebun Teh Pagilaran dari arah Pantura belok ke kiri di terminal Banyuputih ke arah Limpung, saat datang di lampu merah Alun-Alun Limpung terus lempeng selanjutnya belok ke kiri ke arah Bawang.

Selanjutnya kamu akan berjumpa persimpangan jalan, tujukan kenadaranmu ke kanan untuk ke arah Pagilaran. Sesudah ada di pertigaan Kecamatan Reban terus lempeng. Saat ada di perempatan UPT. Puskesmas Reban belok arah ke kiri.

Terus lempeng mengikut jalan yang telah ada, lajurnya bagus beraspal dan benar-benar mulus. Dapat dilewati oleh kendaraan beroda 2 atau beroda 4, cuman dihias tikungan jalan ciri khas wilayah pegunungan.

Saat kamu datang di Kantor Kepala Dusun Wonorojo belok arah ke kiri untuk ambil jalan singkat ke arah Kebun Teh Pagilaran. Keadaan jalannya memang cukup sempit tetapi tetap dapat dilewati mobil.

Lajurnya cukup sedikit naik tetapi tidak demikian ekstrim, udara di seputar mulai berkabut dan sangat terasa sejuk. Beberapa waktu selanjutnya tiba kamu di tempat Perkebunan Teh Pagilaran.

Jam Membuka Kebun Teh Pagilaran

Jam Operasional Kebun Teh Pagilaran sekarang ini dibuka tiap hari Senin sampai Minggu start pukul 09.00 pagi sampai jam 16.00 sore. Karena kondisi yang wabah jadi faksi pengurus batasi waktu membuka tempat rekreasi Kebun Teh Pagilaran.

Ticket Kebun Teh Pagilaran

Ticket masuk saat masuk tempat Kebun Teh Pagilaran, kamu diwajibkan bayar sejumlah Rp. 5.000 per-orang. Harga yang paling murah untuk menyaksikan keelokan alam yang simpan riwayat.

Sarana Kebun Teh Pagilaran

Sarana umum yang berada di tempat Kebun Teh Pagilaran juga telah komplet, dengan terdapatnya:

  • Area parkir yang lega
  • Warung-warung makanan, minuman, dan oleh-olehan ciri khas Pagilaran
  • Kamar mandi umum dan Toilet
  • Penginapan atau Villa
  • Mushola
  • Area untuk olahraga

Daya Ambil Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran selalu ramai didatangi oleh pelancong yang tiba dari bermacam wilayah karena mempunyai daya magnet sebagai berikut ini:

  1. Bentangan Kebun Teh Yang Mempersejuk

Kebun Teh Pagilaran ada di tempat seputar 1.130 hektar, dan dipisah jadi 3 zone yang diperbedakan berdasar ketinggian posisi dan tipe teh yang ditanamkan.

Saat datang di tempat Kebun Teh Pagilaran udara sejuk mulai berasa, kadang kabut juga merintangi penglihatan. Rupanya perkebunan teh ini telah berumur beberapa ratus tahun bahkan juga lebih, dan masih berproduksi secara baik hingga saat ini.

Posisinya yang ada di kaki Gunung Kamulian menambahkan keelokan alam di seputar Kebun Teh Pagilaran. Lokasi yang pas untuk menapikan diri dari aktivitas kota.

Teh yang dibuat dari perkebunan ini terhitung di dalam kualitas terbaik yang dikirimkan ke Asia, Eropa dan Amerika, dan bisa hasilkan seputar 8.000 ton /tahun dan terhitung pemroduksi teh paling besar di Indonesia.

Cantik dan benar-benar sejuk sekali melihat bentangan Kebun Teh Pagilaran, kamu bisa jalan-jalan di seputar tempat kebun teh dan menyaksikan lebih dekat tanaman teh yang ada.

  1. Museum Warisan Belanda-Inggris

Di sini juga ada museum warisan Belanda-Inggris yang simpan beberapa benda warisan pada periode itu.

  1. Tempat Bermain Anak

Habiskan waktu akhir pekan bersama semua bagian keluarga dengan bermain sarana yang ada sekalian nikmati alam, Kebun Teh Pagilaran lah tempatnya.

Beberapa anak bisa lakukan aktivitas outbound yang bisa latih ketangkasan dan keberanian mereka, melalui jembatan kayu yang lumayan panjang yang digantung dengan memakai tali, bermain flying fox, dan berjalan di atas sebuah tali.

Hal menarik yang lain di Kebun Teh Pagilaran Tangkai ialah kehadiran spot Air Terjun Mini yang terletak tidak jauh dari jembatan menggantung barusan. Air terjun itu terletak tidak jauh dari taman hingga menambahkan elok panorama disekelilingnya.

  1. Spot Photo Yang Canggih

Pemandangan yang cantik sudah pasti membuat tangan ini gatal untuk mendokumentasikan tiap sudutnya, salah satunya spot photo sebagai posisi favorite pengunjung adalah Pelabuhan Cinta.

Pelabuhan Cinta sebuah jembatan yang dicat berwarna-warni dengan ada frame yang berupa hati di ujung jembatan. Karena itu jembatan ini disebutkan Pelabuhan Cinta, posisi yang pas untuk berpose dengan latar kesejukan kebun teh.

Kecuali Pelabuhan Cinta ada juga spot photo yang tertulis “Pagilaran”, sebagai landmark dari tempat rekreasi yang ini. Kamu akan berpose dengan latar perkebunan teh dan pohon cemara saat berpose di sini.

  1. Nikmati Keelokan Curug Atau Air Terjun

Kecuali nikmati keelokan kebun teh yang paling luas, kamu dapat nikmati air terjun yang terletak tidak jauh dari posisi. Menurut pengurus ada 3 air terjun yang berada di posisi ini, tetapi yang termudah dicapai cuman 2.

Curug yang berada di seputar posisi Kebun Teh Pagilaran ini salah satunya:

  • Curug Kembar
  • Air Terjun Arjuna
  • Curug Binorong

KEUNGGULAN AGROWISATA PAGILARAN

Pemandangan dan daya tarik bentangan kebun teh di pegunungan dengan ketinggian 1. 000 sampai 1. 500 mdpl.

  1. Lihat mekanisme pengerjaan teh mulai dari pemetikan, pemrosesan sampai pengepakan di pabrik
  2. Anda dapat cicipi paket tea walk bersamaan instansi, sekolah, organisasi atau perusahaan anda, dengan olahraga santai sambil hisap udara sejuk dan fresh
  3. Nikmati matahari keluar dan tenggelam di cakrawala
  4. Lingkungan pertamanan yang sehat, alami dan fresh, jauh dari keributan dan pencemaran. Temperatur kebun 15 18 Celcius di waktu malam hari, 21 25 derajat Celcius di siang hari.
  5. Air terjun/Curung Binorong dan Curung Kembar, dengan pemandangan di sekitarnya yang cantik dan alami, dan bentangan kebun teh dan kebun cengkeh sepanjang lereng pegunungan
  6. Object warisan sejarah seperti rumah warisan Belanda, Kopel, Kerata Menggantung, Bak Air Sijegang dan sebagainya.

Pemondokan

Bila kamu tiba dari luasr kota dan ingin bermalam di seputar tempat kebun teh, kamu tidak perlu jauh cari tempat untuk menginap. Karena telah ada villa atau pemondokan Pagilaran pada harga yang dapat dijangkau.

Alam yang terbangun selalu mengundang perhatian manusia selalu untuk menghampirinya, alam yang cantik membuat raga dan jiwa manusia jadi tenang, alam yang lestari bisa memberi faedah yang paling mengagumkan.

Menjaga dan lestarikan alam di seputar Kebun Teh Pagilaran agar terus kita cicipi sampai kapan saja!