Wisata Air Terjun Mursala

Wisata Air Terjun Mursala

Wisata Air Terjun Mursala – Pada awal tahun 2015 ini, aku ingin menceritakan mengenai satu lokasi yang menarik di desa halaman.

Pulau Mursala namanya. Pulau yang cuman aku dengar ceritanya saja semenjak kecil karena tak pernah ada orang yang bertandang dalam rencana rekreasi ke sana.

Wisata Air Terjun Mursala, Ulasan Legenda, Riwayat, Sampai Film King Kong

Bila kita pergi ke Pulau Nias dari dermaga Sibolga, tentu melalui pulau ini. Sayang semua kapal yang pergi ke Nias direncanakan malam hari. Ya tidak terlihat kan jadi.

Pulau ini dikenali sebagai pulau yang menyeramkan untuk warga lokal Sibolga. Coba menanyakan pada beberapa orang di pinggir jalan Sibolga, ada berapakah orang yang pernah ke Pulau Mursala.

Baca Juga: Wisata Spanyol dari Kereta cepat

Tentu sedikit. Saat aku mengungkapkan gagasan ke Mamak untuk ke Pulau ini bersama rekan-rekan sekampung, aku dikatai edan. Hahahaha.

Kenyataannya memang susah mendapati rekan-rekan yang ingin ke pulau ini. Masih beberapa ada yang tidak dibolehkan orang tuanya karena takut. Ada pula yang tidak dibolehkan karena agenda yang kami tentukan ialah hari Minggu, hari di mana sebagian besar rekan-rekan aku pergi melaksanakan ibadah dengan keluarga di gereja.

Tetapi karena kebatasan waktu dan tidak ingin menanti-nunggu kembali, aku dan enam orang rekan putuskan untuk selalu pergi. Sejumlah besar dari kami memang perantau (terhitung aku) yang habiskan berlibur Natal dan Tahun Baru di desa halaman. Karena saat liburan yang cepat, kami tidak punyai banyak peluang dan opsi waktu. Pergi sudah…

Karena cuaca yang belakangan ini tidak memberikan dukungan, tidak ada kapal kayu yang ada buat kami sewa. Atas kontribusi seorang rekan, kami memperoleh utang speed boat dengan 2 mesin yang masing-masing 100 PK. Beberapa kapal yang umum bawa pelancong ke Pulau Mursala dan Pulau Putri pergi dari Pantai Bosur / Pantai Kelompok.

Pulau Eksotis Yang Ada Di Sumatera Utara

Pulau Mursala, sebuah pulau eksotis yang berada di Sumatera Utara. Rupanya mempunyai berjuta kekuatan yang telah tiba di mata dan telinga dunia internasional.

Karena pengerjaan film King Kong yang terkenal pada tahun 2005, posisi Pulau Mursala semakin dikenali oleh pelancong luar negeri. Bukan hanya stop sampai di sana saja, rupanya pulau itu mempunyai daya tarik yang lain.

Yakni Air Terjun Mursala, sebuah air terjun yang ada dari sisi laut terlepas di Pulau Mursala. Airnya mengucur langsung ke lautan yang berada di depannya.

Bila umumnya posisi air terjun harus diraih dengan lakukan trackking, karena itu untuk Air Terjun Mursala harus dilakukan dengan mengguakan speed boat atau kapal.

Untuk yang masih belum tahu, karena itu berikut ulasan komplet Air Terjun Mursala yang recommended untuk didatangi.

Jalur Ke arah Air Terjun Mursala

Tidak ada rutinitas trackking untuk sampai di posisi khusus Air Terjun Mursala. Dan untuk sampai di posisi Air Terjun Mursala, karena itu beberapa pelancong harus memakai layanan persewaan speed boat, atau kapal.

Perjalanan dapat diawali pada Dermaga Sibolga, tetapi yakinkan perjalanan ke arah Pulau Mursala saat cuaca sedang ceria. Dan sebaiknya tiba ke posisi itu dan kelompok, untuk memudahkan ongkos sewa kapal atau speed boat.

Perjalanan dari dermaga Sibolga ke arah posisi Air Terjun Mursala memang lumayan jauh. Tetapi hal itu tidak berasa, karena dalam kapal itu tersaji selingan yang bisa menambahkan kecerian saat di perjalanan.

Ada stage kecil dalam kapal, stage itu jadi tempat atraksi dari band lokal versus acoustikan. Beberapa pengunjung bisa juga turut menyanyi di atas kapal itu.

View yang tersaji benar-benar mengagumkan cantik, serangkaian beberapa pulau kecil, dan keadaan air laut yang paling jernih. Keseluruhannya panorama dari dermaga sampai ke posisi khusus benar-benar mengagumkan.

Sampai selanjutnya posisi khusus Air Terjun Mursala mulai kelihatan. Sebuah air terjun yang lumayan tinggi, saluran airnya mengucur lewat tebing dan langsung ke lautan.

Karena letak Air Terjun Mursala semacam itu, karena itu nikmati keelokan Air Terjun Mursala bisa dilaksanakan di atas kapal.

Dan saat sampai di posisi Air Terjun Mursala, untuk pelancong yang pernah menonton film King Kong, akan tersadarkan jika posisi pengerjaan film itu bukan di luar negeri, tapi di negeri kita sendiri, Indonesia.

Penyimpangan Air Terjun Mursala

Pulau Mursala, dan keelokan Air Terjun Mursala benar-benar menarik mata beberapa pelancong bahkan ke luar negeri. Tetapi ada penyimpangan dari keelokan itu.

Untuk beberapa warga di wilayah Sibolga, Pulau Mursala sebagai pulau yang menyeramkan. Hingga penyimpangan yang terjadi, warga paling dekat malas bertandang ke pulau itu.

Jumlah warga yang berada di Pulau Mursala benar-benar sedikit, pemicunya karena dulu ada pandemi penyakit Malaria yang mengakibatkan jumlahnya masyarakat di Pulau Mursala yang wafat.

Di posisi itu, ada pusara masyarakat korban dari pandemi penyakit malaria itu. Pandemi itu jadi aspek terpenting masyarakatnya pidah dari Pulau Mursala.

Mungkin, karena peristiwa pandemi itu, karena itu kesan-kesan yang didapat untuk beberapa warga Sibolga, pulau itu jadi menyeramkan.

Dan sekarang, daya tarik keelokan yang makin terpampang karena tren sosial media, jadikan nilai angkernya makin sedikit.

Riwayat Pemberian nama Air Terjun Mursala

Riwayat Air Terjun Mursala berkaitan dengan pemberian namaya diawali semenjak era ke VII, di mana waktu itu umum terjadi perdagangan arus yang dilaksanakan oleh bangsa Arab ke Pantai Barus.

Saat sebelum masuk di Barus, bangsa Arab itu selalu mekakukan beribadah sholat di pulau besar yang berada di ujung yang sekarang disebutkan dengan Pulau Mursala.

Kata Mur ialah nama panggilan lain dari orang Arab, dan kata Sala yang bermakna Sholat. Sejarah itu sebagai cikal akan pulau itu diberi nama Pulau Mursala.

Legenda Air Terjun Mursala

Selalu ada legenda yang berkembang dalam suatu tempat wisata, begitu juga dengan Air Terjun Mursala. Narasi itu jadi bagian lain dari keelokan Air Terjun dan Pulau Mursala.

Legenda di Air Terjun Mursala berkaitan narasi seorang putri yang paling elok, yang namanya Putri Tunduk permaisuri Raja Jayadana.

Kecantikan putri itu menarik hati seorang raja dari Sudan yang namanya Raja Janggi. Raja itu benar-benar ingin mempunyai Putri Tunduk, bahkan juga memburunya sampai hingga ke posisi Wisata Air Terjun Mursala.

Karena si putri terus – terusan dikejar, karena itu si putripun mersa patah semangat. Selanjutnya ia melonjak ke lautan terlepas, selanjutnya raib tanpa tapak jejak.

Ajudan si putri bersedih atas tragedi itu, dan menagis tanpa henti. Dan air mata dari beberapa ajudan berikut yang selanjutnya jadi Air Terjun Mursala.

Air Terjun Mursala, jadi air terjun duka cita beberapa ajudan setia Putri Tunduk.

Daya tarik Keelokan Air Terjun Mursala

Daya tarik keelokan Air Terjun Mursala berada pada posisinya yang ada dari sisi lautan. Airnya mengucur lansung ke lautan terlepas.

Keadaan airnya benar-benar jernih, dan mempunyai arus air turun yang cukup deras. Ini disebabkan karena sungai yang berda di atasnya.

Air Terjun Mursala mempunyai ketinggian seputar 30 mtr., tetapi status tebingnya tidak begitu tegak, dan cukup sedikit miring. Hingga ketinggian itu tidak begitu memberi recikan yang kuat.

Kolam Air Terjun Mursala sebagai lautan, jadi untuk yang ingin melakukian rutinitas berenang cuman untuk yang telah pakar saja ya.

Posisi Dan Alamat Air Terjun Mursala

Posisi Air Terjun Mursala berada di Pulau Mursala atau Pulau Musala. Alamat Air Terjun Mursala ada di Dusun Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli tengah, Propinsi Sumatera Utara – Indonesia.

Harga Ticket Masuk Air Terjun Mursala

Harga ticket masuk Air Terjun Mursala gratis / free. Tetapi pengunjung harus keluarkan dana untuk sewa speed boat atau kapal.

Harga sewa speed boat atau kapal dimulai dari Rp. 1.7 juta, bergantung sarana dari armada itu. karena itu dianjurkan untuk pergi bersama kelompok, agar ongkos jadi enteng.

Jam Operasional Air Terjun Mursala

Jam operasional Air Terjun Mursala membuka sepanjang 24 jam, dari hari senin s/d hari Minggu. Dan berkunjulang ketika cuaca sedang ceria, tidak boleh di pucuk musim penghujan.

Tidak ada pemondokan di posisi Air Terjun Mursala.

Pulau Mursala dan Air Terjun Mursala sebagai posisi pengerjaan film King Kong jadi sebuah penegasan jika kekuatan alam yang berada di Indonesia benar-benar pantas untuk diperlihatkan ke macanegara.

Karena itu, banggalah jadi Indonesia. Kebanggan jadi Indonesia satu diantaranya dengan tidak buang sampah dimanapun, dan tidak menghancurkan ekosistem yang ada.

Selamat liburan, dan selalu taati prosedur kesehatan yang telah diputuskan oleh pemerintahan. Dan janganlah lupa selalu untuk memprioritaskan faktor keamanan dalam berekreasi ya…